Cara Efektif Mensucikan Hati

Baca, Like, Comen, dan Share!


Ketika mendengar kalimat “hati” maka tidak terlepas dari lingkup kebaikan dan keburukan. Karena kita punya nafsu/keinginan, ego, amarah, dll. Cara yang paling efektif untuk mensucikan hati manusia.

1. Tazkiyatun Nafs Dengan Ilmu
Nabi bersabda, “Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Dan sesungguhnya malaikat-malaikat meletakkan sayap-sayapnya karena senang kepada orang yang menuntut ilmu, dan sesungguhnya orang-orang yang berilmu akan dimohonkan ampunan untuknya oleh penghuni langit dan bumi sampai ikan yang ada di dalam air. HR. Abu Daud dan Tarmizi”.

2. Iman, Taqwa, Siddiqul Kalam Dan Amal Sholeh
Iman, taqwa, siddiqul kalam, dan amal sholeh merupakan sarana tazkiyah yang paling efektif. Allah berfirman :”Hai orang-orang yang beriman, bertaqwa kepada Allah, niscaya Allah akan memperbaiki amal-amal perbuatanmu dan mengampuni dosa-dosamu”. (QS.33:70)

“Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik-baik akan menghapus kesalahan-kesalahan”. (QS.11:114)

3. Iman Dan Jihad Dengan Harta Jiwa
“Hai orang-orang yang beriman, maukah kamu aku tunjukkan perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang sangat pedih? Yaitu kamu beriman kepada Allah dengan harta dan dirimu itulah yang lebih baik jika kamu mengetahuinya. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu kedalam syurga”. (QS.61:10)

4. Zakat, Infak Dan Shadaqoh
“Ambillah sebagian dari harta mereka (zakatnya) untuk membersihkan dan mensucikan mereka dengan zakat tersebut”. (QS.9:103)
“Sadaqoh dapat menghapus dosa-dosa seperti air memadamkan api. Orang yang bertakwa akan dijauhkan dari api  neraka. Yaitu orang yang menjadi bersih”. (QS.62:16-17)

5.Taubat, Istighfar Dan Doa
“Dan beristighfarlah kepada Rob-mu sesungguhnya Dia Maha Pengampun. Sesungguhnya Allah membentangkan tangan-Nya pada malam hari untuk menerima taubat orang yang berbuat salah disiang hari. Dan Dia membentangkan tangan-Nya disiang hari untuk menerima taubat orang-orang yang berbuat salah dimalam hari hingga matahari terbenam dari sebelah barat”. (HR. Muslim)

“Apabila hamba-hambaku bertanya tentang Aku, sesungguhnya aku dekat. Aku mengabulkan permintaan orang-orang yang berdoa apabila ia berdoa kepadaku”. (QS.2:186)

Rasulullah SAW bersabda, “Rab kita azza wa jalla turun kedunia setiap malam pada sepertiga malam yang terakhir. Dia berkata, siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku kabulkan permintaannya, siapa yang memohon ampunan kepada-Ku, Aku ampuni Dia”. (HR. Jamaah)

“Sungguh beruntung orang yang mensucikan jiwa itu, dan sungguh merugi orang yang mengotorinya.” (QS. Asy-Syams: 9-10)

Paksakan Diri Untuk Bermuhasabah Secara Rutin.
Sukses-tidaknya hidup seseorang sangat bergantung pada kemampuan mengawasi diri. Seberapa banyak kebaikan yang diperbuat dan seberapa besar kesalahan yang terlakoni. Kalau hasil hitungan itu positif, syukur adalah sikap yang paling tepat. Tapi jika negatif, istighfarlah yang terus ia ucapkan. Kesalahan itu pun menjadi pelajaran, agar tidak terulang di hari esok. Jadi, apapun yang kita lakukan, tidak terlepas dari kata "Muhasabah atau introspeksi diri" sebelum atau setelah beramal.

Ketika jiwa tergerak untuk melakukan suatu perbuatan, kita terlebih akan berpikir, apakah pekerjaan tersebut bisa dilakukan, apakah pekerjaan itu bermanfaat? Ketika tidak bisa dilakukan karena lebih banyak mudharatnya, dan tidak bermanfaat. Maka, jangan dilakukan! Teruntuk setiap kekurangan yang sudah dilakukan, harus dibenahi dengan mengganti atau memperbaikinya dengan bermuhasabah diri.

Umar bin Khaththab pula yang pernah memberikan nasihat buat kita semua. “Hisablah diri kamu sebelum kamu dihisab. Timbanglah amalan kamu sebelum ia ditimbang. Dan bersiap-siaplah menghadapi hari kiamat (hari perhitungan).”

Gandrungkan hati untuk tetap rindu pada lingkungan orang-orang saleh. Rasulullah saw. pernah bersabda, “Seseorang adalah sejalan dan sealiran dengan kawan akrabnya. Maka, hendaklah kamu berhati-hati dalam memilih kawan pendamping.” (HR. Ahmad)

Palembang, 20 Mei 2023
11:49


Comments

Popular Posts