Journey Tadabbur Qur'an, Surah An-Nur Ayat 41-42

Baca, Like, Comen, dan Share!

 
Pencerminan Kekuasaan Allah
Surah An-Nur Ayat 41-42

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يُسَبِّحُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالطَّيْرُ صَافَّاتٍ ۖ كُلٌّ قَدْ عَلِمَ صَلَاتَهُ وَتَسْبِيحَهُ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِمَا يَفْعَلُونَ


"Tidaklah kamu tahu bahwasanya Allah: kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) sembahyang dan tasbihnya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan."

وَلِلَّهِ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ وَإِلَى اللَّهِ الْمَصِيرُ


"Dan kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan kepada Allah-lah kembali (semua makhluk)."

Allah mengabarkan bahwa seluruh makhluk yang ada di langit dan di bumi, mulai dari malaikat, manusia, jin, hewan sampai benda mati, bertasbih kepada Allah swt. 

Allah menyuruh manusia memperhatikan setiap makhluk-Nya yang kecil lagi lemah, yaitu burung yang dapat terbang melayang di udara dan kadang-kadang kelihatan seakan-akan dia berhenti sejenak di awang-awang tidak terpengaruh oleh gravitasi bumi. Mereka tidak saling berbenturan/bertabrakan antara yang satu dengan yang lainnya. Tidak ada yang menahannya selain Allah. Allah telah mengatur bentuk burung-burung itu, mereka dilengkapi dengan sayap yang dapat dikembangkan, dan dikatupkan sehingga mereka bisa terbang di udara/angkasa. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berakal dan beriman. 

Tahukah Kita??? Ternyata Burung itu bertasbih kepada Rabbnya pada saat terbang di angkasa/udara. mereka beribadah kepada-Nya dengan ucapan tasbih yang diilhamkan dan diajarkan kepadanya, 

 وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِمَا يَفْعَلُونَ 
“Dan Allah Maha mengetahui apa yang mereka kerjakan) kemudian Allah mengabarkan bahwa kepunyaan-Nya lah langit dan bumi.

Palembang, 20 April 2023
04:47

Comments

Popular Posts