Journey TQ. QS. Ar-Ra'd:27-29

Baca, Like, Comen, dan Share!

Surah Ar-Ra'd termasuk golongan surat Makkiyah. Dalam (bahasa Arab:الرّعد, ar-Ra'd, "Guruh/Petir"). Surah ini adalah Surah ke-13 dalam al-Qur'an. Terdiri dari 43 ayat. Surah ini menunjukkan sifat kesucian dan kesempurnaan Allah SWT, dan lagi sesuai dengan sifat Al-Quran yang mengandung ancaman dan harapan.

Surah Ar-Ra'd: 27
وَيَقُولُ ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ لَوۡلَآ أُنزِلَ عَلَيۡهِ ءَايَةٌ مِّن رَّبِّهِۦ ۗ قُلۡ إِنَّ ٱللَّهَ يُضِلُّ مَن يَشَآءُ وَيَهۡدِىٓ إِلَيۡهِ مَنۡ أَنَابَ

Allah ﷻ menceritakan perkataan orang-orang musyrik melalui firman-Nya: "Mengapa tidak diturunkan kepadanya (Muhammad) tanda (mukjizat) dari Tuhannya? Katakanlah, "Sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki dan menunjuki orang-orang yang bertobat kepada-Nya."

Tadabbur Qur'an:
💚Allah mampu memperkenankan apa yang mereka minta.
💚Allah berikan petunjuk kepada orang yang bertobat dan kembali, serta orang yang memohon pertolongan dengan berserah diri kepada-Nya.

Ayat ke-28

ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَتَطۡمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكۡرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكۡرِ ٱللَّهِ تَطۡمَئِنُّ ٱلۡقُلُوبُ

"(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, bahwa hanya dengan mengingat Allah hati akan selalu tenteram."

Tadabbur Qur'an:
💚 Allah adalah Tuhan yang berhak untuk diingati.
💚 Allah berikan hati yang senang, ketenangan, dan rasa tentram dengan mengingat-Nya, bila kita rela menjadikan Allah sebagai Pelindung dan Penolong kita.

Ayat ke-29
ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ طُوبَىٰ لَهُمۡ وَحُسۡنُ مَـَٔابٍ

"Orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka kebahagiaan dan tempat kembali yang baik.

Tadabbur Qur'an:
💚 Allah berikan kabar gembira bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh dengan tempat kembali yang baik yaitu Negeri Akhirat yang kekal berupa syurga

Point Penting!!
Isi surah ini menjelaskan bahwa bimbingan Allah kepada makhluk-Nya sangat bertalian erat dengan hukum sebab dan akibat. Allah SWT tidak ada pilih kasih dalam menetapkan hukuman bagi orang yang ingkar, dan balasan kebaikan bagi orang yang beriman.

Palembang, 17 April 2023
14:19


Comments

Popular Posts