Jurnal Syukur Day-01, Pena Allah

Baca, Like, Comen, dan Share!



ﺍَﻟﻠﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻝِ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ
Apapun yang sudah Allah karuniakan pada diri kita hari ini dan untuk hidup kita. Yakin! Bahwa itu adalah yang terbaik. 

HADIS KE 19 AL ARBAIN PENA TELAH DIANGKAT LEMBARAN TELAH KERING

عَنْ أَبِي عَبَّاسٍ عَبْدِ اللهِ بنِ عَبَّاسٍ رضي الله عنهما قَالَ: كُنْتُ خَلْفَ النبي ﷺ يَومَاً فَقَالَ: يَا غُلاَمُ إِنّي أُعَلِّمُكَ كَلِمَاتٍ : احْفَظِ اللهَ يَحفَظك، احْفَظِ اللهَ تَجِدهُ تُجَاهَكَ، إِذَاَ سَأَلْتَ فَاسْأَلِ اللهَ، وَإِذَاَ اسْتَعَنتَ فَاسْتَعِن بِاللهِ، وَاعْلَم أَنَّ الأُمّة لو اجْتَمَعَت عَلَى أن يَنفَعُوكَ بِشيءٍ لَمْ يَنْفَعُوكَ إِلا بِشيءٍ قَد كَتَبَهُ اللهُ لَك، وإِن اِجْتَمَعوا عَلَى أَنْ يَضُرُّوكَ بِشيءٍ لَمْ يَضروك إلا بشيءٍ قَد كَتَبَهُ اللهُ عَلَيْكَ، رُفعَت الأَقْلامُ، وَجَفّتِ الصُّحُفُ. رواه الترمذي، وقال: حديث حسن صحيح  

Dari Abu ‘Abbās, Abdullāh bin ‘Abbās radhiyallahu anhuma, dia berkata, “Suatu hari aku pernah berboncengan bersama Nabi shallallahu alaihi wasallam, lalu beliau bersabda, ‘Wahai nak, sungguh aku akan mengajarimu beberapa kalimat, Jagalah Allah! Niscaya Dia akan menjagamu. Jagalah Allah! Niscaya engkau akan mendapati-Nya di hadapanmu. Apabila kamu meminta sesuatu mintalah kepada Allah! Apabila engkau memohon pertolongan maka mintalah kepada Allah! Ketahuilah, kalau seandainya umat manusia bersatu untuk memberikan suatu manfaat kepadamu, niscaya mereka tidak akan mampu memberi manfaat kepadamu kecuali sesuai yang telah Allah tentukan untukmu. Kalau seandainya mereka bersatu untuk menimpakan suatu mudarat kepadamu, niscaya tidak akan membahayakanmu kecuali sesuai yang telah Allah tetapkan akan menimpamu. Pena-pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering’.” (H.R. Tirmidzi. Beliau berkata, “Hadis ini hasan sahih.”)

Tidak ada kata terlambat selain hati yang bersyukur, hati yang terpaut pada-Nya. Apapun yang sudah terjadi di dunia ini adalah atas kehendak Allah. 

وفي رواية غير الترمذي: اِحفظِ اللهَ تَجٍدْهُ أَمَامَكَ، تَعَرَّفْ إلى اللهِ في الرَّخاءِ يَعرِفْكَ في الشّدةِ، وَاعْلَم أن مَا أَخطأكَ لَمْ يَكُن لِيُصيبكَ، وَمَا أَصَابَكَ لَمْ يَكُن لِيُخطِئكَ، وَاعْلَمْ أنَّ النَّصْرَ مَعَ الصَّبْرِ، وَأَنَّ الفَرَجَ مَعَ الكَربِ، وَأَنَّ مَعَ العُسرِ يُسراً

Dalam riwayat selain riwayat Tirmidzi[1] disebutkan, ”Jagalah Allah! Niscaya engkau akan mendapati-Nya di hadapanmu. Ingatlah Allah dalam keadaan lapang! Niscaya Dia akan mengingatmu dalam keadaan sulit. Ketahuilah, bahwa segala sesuatu yang Allah tetapkan luput darimu, tidak akan pernah menimpamu. Segala sesuatu yang telah ditetapkan menimpamu, maka tidak akan luput darimu. Ketahuilah, bahwa pertolongan itu bersama kesabaran dan jalan keluar itu bersama kesulitan dan bersama kesukaran itu ada kemudahan.”

Yakin! Tempat bersandar terbaik hanyalah melabuhkan semua harapan itu pada Allah, Sungguh hati kita berada dalam genggaman-Nya. 

Palembang, 28 November 2023
16:04
The An, 

Comments

Popular Posts