TUGAS Resume PRW Advertorial


What Is Advertorial?

 


Seperti yang kita ketahui, bahwa perkembangan teknologi dan infomasi saat ini sudah semakin pesat di Indonesia. Hal ini ternyata memberikan keuntungan tersendiri bagi dunia marketing. Sebab, dengan mempelajari ilmu teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dunia marketing dapat mengepakkan sayapnya di ruang luas dan dapat diakses oleh semua orang.
Nah, berbicara tentang dunia marketing tidak lengkap bila kita tidak membahas tentang Advertorial, yang terdiri dari dua kata yaitu advertising dan editorial. Kali ini saya akan mengajak teman-teman sekalian untuk berlayar lebih jauh lagi. Mungkin kita binggung apa itu advertising, dan editorial? Kedua kata ini sudah tidak asing lagi untuk kita dengar. Beruntung pada tanggal 30 maret 2016 lalu, dalam Mata Kuliah Public relation writing kami mempelajarinya.
Advertising memiliki definisi yang banyak. Tetapi pada intinya sama saja artinya. Advertising merupakan media luar ruangan yang digunakan untuk hal pemasaran berupa iklan/promosi dengan tujuan dan maksud-maksud tertentu. Advertising memiliki konsep writing, dimana tulisan dibuat dalam bentuk deskripsi yang bertujuan untuk mempromosikan barang dan jasa. Karena periklanan atau promosi adalah suatu bentuk komunikasi ang berfungsi untuk mengajak orang melihat, membaca, mendengar, bahkan mempengaruhi seseorang untuk melakukan sesuatu.
Selain itu, advertising juga merupakan kegiatan kretif yang meliputi proses kreasi, produksi, dan distribusi dari iklan yang dihasilkan. Seperti perencanaan komunikasi iklan,  iklan luar ruang, produksi material iklan, kampanye publik, penyebaran selembaran, pamflet, reklame, dll. Baik itu mengutamakan kreatifitas menulis atau menggambar.


Sedangkan editorial berawal dari kata edit. Kata editing yang artinya menyajikan kembali. Editorial sendiri adalah tulisan panjang yang dibuat dengan kepentingan-kepentingan tertentu. Sebuah editorial biasanya ditulis oleh redaksi surat kabar yang menyajikan sebuah isu/masalah penting, aktual, fenomenal atau kontroversial yang berkembang dimasyarakat. Sama halny dengan advertising, tugas editor juga tidak hanya menyajikan kembali sebuah tulisan. tetapi menyajikan gambar juga. 
Oke,  sob...  mungkin itulah yang dapat saya tulisan dalam penaku tentang advertorial. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. -ds-

Comments

Popular Posts