Press Release



Hari ini saya akan mengasih informasi yang saya peroleh dari Mam Anita saat mengikuti pelajaran Public Reletion:  
Press Release



Press Release (PRL) sifatnya adalah informatif. Informatif yaitu memberikan informasi yang muatan-muatannya berupa info, berita dan lain-lain. Selain itu, informasinya boleh berkaitan dengan  COMPANY dan PRODUK. Press Release (PRL) seperti News Release. Bentuk lain dari PR Writing.
Press Release memerlukan media seperti media massa. Contoh Press Release : perusahaannya sedang mengadakan kegiatan, umum yang penting dan akurat/faktual. Seperti launcing produk baru, logo baru dan lain-lain. Press Release yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan Compony, sumbernya. Beritanya haruslah berita tentang perusahaan. Berita yang berbentuk fakta dan data. Press Release yang dibuat akan dibaca oleh pembaca. Jika berita itu menimbulkan atau membentuk opini masyarakat yang membacanya.
Cara PR membuat Press Release untuk dikirim ke media ada 9 yaitu sebagai berikut:
1.      PRL harus jelas, ditulis di kertas surat tanpa hiasan.
2.      Memakai margin atau menggunakan margin 1 nero.
3.      Alamat pengirirm diletakkan di sudut kiri atas halaman pertama dan kontak person (CP), Alamat, Hp, Wa dan Pin BB.
4.      Tanggal tertera di margin kanan, sedikit lebih ke bawah di bandingkan margin bawah alamat.
5.      Penulisan judul di tulis dalam 1 spasi dan di garis bawahi.
6.      Tubuh atau uraian URL di tulis 2 spasi.
7.      Jika lebih dari 1 halaman, PRL di bawah halaman dalam more diletakkan dalam kurung/ tanda garis pisah.
8.      Halaman berikutnya di tandai dengan kode, diikuti garis pemisah, no halaman pada kiri atas.
9.      Akhiri tulisan dengan kata “END”,simbol hastage  ###, atau angka “_30_”. (bivius tahun 199)

Semoga bermanfaat yach.... 

Comments

Popular Posts