Arti Bersyukur


Indahkan Hari-Hari Hidup Ini Dengan Bersyukur


Siapa yang tak mengenal kata Syukur? Tentunya kita sering mendengar kata tersebut. Sebagian besar orang mengatakan bahwa hidup itu harus banyak bersyukur. Bersyukur akan waktu kosong, sakit, usia, dan lain-lain. Bahkan kata bersyukur ini digambarkan dalam Al-Qur'an dan ditegaskan secara berulang-ulang yang berarti : "Maka, Nikmat Tuhan-mu yang manakah yang kamu dustakan",  pada surat Ar-Rahman (55) : 13, 16, 18, 21, 23, 25, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 45, 47, 49, 51, 53, 55, 57, 59, 61, 63, 65, 67, 71, 73, 75, 77. Dalam surat ini kita harus mensyukuri semua nikmat-nikmat-Nya.  


Secara definisi kata syukur berasal dari bahasa arab Syakaro-yasykuru-syukron yang artinya adalah “membuka” dan lawan katanya adalah Kufur yang berasal dari kata kafaro-yakfuru-kufron yang artinya “menutup”. Dalam kontek tersebut, kata syukur dapat diartikan sebagai hati yang terbuka karena menyadari nikmat Allah yang telah diterimanya. Sebaliknya mereka yang mengingkari nikmat Allah (menutup-nutupi nikmat yang telah diterima) dikatakan sebagai Kufur. 
Demikianlah arti atau makna syukur sangat beragam sesuai dengan sudut pandang atau tinjauan pembahasan. Namun bagi kita (terutama saya) sebagai orang awam syukur sangatlah sering di artikan sebagai suatu ungkapan atau ekspresi rasa dan perasaan sebagai tanda terimakasih, karena kita telah menerima kenikmatan (sesuatu) dari Tuhan Yang Maha Esa,  meskipun melalui perantara seseorang. 

Ada sebuah kata-kata indah yang akan saya berikan pada teman-teman semua tentang kata bersyukur. Bagiku bersyukur itu berbicara tentang banyak hal dan cerita, bukan hanya sekedar menerima, karena bersyukur itu perlu memahami. Sebab, dengan memahami kita akan berpikir. Sedangkan berpikir akan membuat kita mencari cara untuk semakin takjub pada setiap kekuasaan-Nya, dan hati akan merasa bahagia. (Palembang, 29 Februari 2016/Senin)
          Nah,  semoga tulisan ini bisa mengajarkan kita untuk banyak bersyukur pada setiap nikmat-nikmat-Nya. ###
   

Comments

Popular Posts