Memaknai Kata Amanah

Memikul Amanah Sebagai Pemimpin
Karya : Ds



Amanah? Apa yang terlintas dipikiran kita saat mendengar kata Amanah?  Terbebanikah atau justru nampak terasa ringan dalam pandangan mata. Suka atau tidak suka sob! Masing-Masing kita telah memikul Amanah yang sama, yaitu amanah sebagai seorang pemimpin.

Allah SWT, memerintahkan kepada hamba-Nya agar memiliki perilaku amanah. Amanah artinya terpercaya (dapat dipercaya). Amanah juga berarti pesan yang dititipkan dapat disampaikan kepada orang yang berhak. Pengertian amanah secara terminologi (istilah) dapat ditemukan pada beberapa pendapat ulama. Menurut Ahmad Mustafa al-Maragi, amanah adalah sesuatu yang harus dipelihara dan dijaga agar sampai kepada yang berhak memilikinya. Sedangkan menurut Ibn al-Araby, amanah adalah segala sesuatu yang diambil dengan izin pemiliknya atau sesuatu yang diambil dengan izin pemiliknya untuk diambil manfaatnya.

Biasanya orang yang amanah adalah orang yang bertanggungjawab akan tugas-tugasnya. Hidup ini adalah pilihan, dan pilihan untuk melaksanakan amanah adalah konsekuensi sebagai manusia, konsekuensi sebagai muslim dan konsekuensi sebagai dai, serta konsekuensi sebagai pemimpin untuk diri sendiri, juga untuk orang lain. Oleh karenanya sandaran yang paling baik dalam menunaikan amanah yaitu Allah, teman yang paling baik adalah orang-orang yang shalih dan kelompok yang paling baik adalah jamaah Islam. Maka, kuatkan hubungan dengan Allah dan tingkatkan ukhuwah Islamiyah niscaya kita akan sukses melaksanakan amanah itu. Meskipun amanah yang kita ambil adalah sebuah amanah yg besar.

Oke sobat! Marilah kita melaksanakan amanah yang diberikan Allah kepada kita dengan penuh keikhlasan dan kesungguhan. Marilah kita melaksanakan amanah yang dibebankan jamaah kepada kita dengan penuh kesabaran dan lapang dada. Marilah kita melaksanakan amanah umat dengan penuh keseriusan dan tanggungjawab. Dan semuanya akan ditanya, siapkah kita ? Jika tidak, maka akan terjadi kehancuran dan kerusakan.



Ketahuilah sobat!
Seseorang pemimpin itu bukan hanya yang bertahta tinggi, bukan pula dilihat dari sudut pandang kepopulerannya, dan bukan juga yang kaya akan materinya! Akan tetapi, yakinlah bahwa setiap kalian adalah seorang pemimpin. Pemimpin bagi keluarganya, sahabatnya, adik-adiknya, dan orang lain. Termasuk juga saya, dan setiap pemimpin mempunyai amanah dan tanggungjawab yang telah dibebankan terhadapnya. Untuk itu, sekarang lakukanlah sesuatu hal yang baik,  yang bisa kita kontribusikan untuk pribadi kita, serta untuk orang lain. Menjalalankan Amanah itu adalah ibadah.

Semangat buat sobat-sobat sekalian yang sedang memikul amanah besar. semoga bermanfaat buat tulisannya. 😊

Comments

Popular Posts