MOTIVASI PERDANA MENUMBUHKAN MINAT MERESENSI BUKU DAN NOVEL

Baca, Like, Comen, dan Share!


Foto Koleksi Novel dan Buku-Bukuku


Flashback, Gue Suka Nulis dari jaman Gue SD All. Cuman nulisnya yaa gitu... Iseng-iseng dong. Kebanyakan nulis puisi, atau kata-kata mutiara yang nggak seberapa saat itu. Terus apa yang Gue dapet dari aktivitas tersebut?? Nggak dapet apa-apa sih! Tapi paling tidak, Gue dapet kesenangan. Why? Karena bisa bercerita dengan pembaca dari sebuah tulisan, dan bisa berekspresi sesuka Gue. Tanpa harus mikirin perasaan orang lain. Selama apa yang kita tulis itu bisa bermanfaat, mencerahkan, dan memberdayakan. Kenapa enggak! Hehehe... Tapi sayangnya, Motivasi Gue dulu nggak gitu All. Gue nulis iya... Asal suka aja. 
2009, Gue masuk SMP All. Gue sekolah di sekolahan yang terakreditasi A (Nasional). Setiap tahun, ada test buat masuk kelas unggulan. Testnya aja ada 3 tahapan. Pertama seleksi Nilai tertinggi, ujian tertulis, dan wawancara. Setiap tahun sekolah gue juga punya program unggulan. Salah satunya program kegiatan BUGEM (Budaya Gemar Membaca). Dimana Semua Siswanya diberikan tugas untuk membeli buku novel/bacaan lainnya buat diresensi. Baik itu di Mata Pelajaran Bahasa Indonesia maupun di Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jadi fix, setahun sekali kita Ngeresensi 2 buku. 
Mungkin Buat kebanyakan orang yang nggak suka membaca. Dikasih tugas seperti itu dia pasti akan bosen dan cuek. Otomatis Nggak ngerjain. Paling kalau ngerjain juga sedikit asal-asalan. Hehehe... Buat Ngeresensinya kadang nggak Nyambung dan nggak menyenangkan. Nah, beda lagi sama Gue. Kalau gue malah paket tips Membaca memindai waktu ngerjain tugas BUGEM. Biar cepat tahu, inti-inti alurnya, dan cepet juga nulis atau ngetik resensinya. Hmmmm... Nggak cukup dengan Ngeresensi doang lho All. Setelah resensi di kumpul. Kita juga disuruh buat mempresentasikan hasil resensi kita di depan teman-teman sekelas! Mulai deh, pada minat buat melanjutkan ceritanya. 
Lho tahu! Hal itu yg gue paling suka. Jadi sekelas bisa mengetahui isi buku/novel tanpa harus beli semua bukunya. Karena tugas presentasi kali ini bikin orang jadi melek plus antusias buat ngedengerin hasil resensi orang lain. Yupssss... Alhasil, semua tugas resensi kita dibuat kliping. Terus diabadikan deh, di perpustakaan sekolah! Sejak saat itu, yang namanya buku-buku novel, Sastra, dan buku-buku legenda atau cerita lainnya. Baik itu dalam bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris, makin banyakkkkk dan bertumpuk di rak buku perpustakaan sekolah. Buy the way! Minat membaca siswanya semakin hari malah jadi semakin meningkat. Sejak saat itu gue mulai suka baca buku-buku fiksi all. Nah, kalau cerita kalian gimana All??? Hehehe... Itu cerita Gue.
Semoga lho nggak pada bosen Yakkk??? Buat membaca story hidup gue. 

Comments

Popular Posts