Hari ke-24, Bersinergi meskipun Berbeda

Baca, Like, Comen, dan Share!


September 2022,
Pada dasarnya, setiap manusia pasti memilih masalah dan kecemasannya masing-masing. Kamu membenarkan apa yang kukhawatirkan sebelum Aku bertemu dengan jododku. Ada rasa insecure, tapi setelah meminta pertolongan pada-Nya rasa insecure itu terkikis dengan sendirinya. 

Aku baru selesai menyiapkan makan siang suami dan anak-anakku di hari Ahad ini. Pecel dan tempe goreng menu  kesukaan Suami, dan dua orang anak lelakiku. Iryad dan Ismed. Seperti biasa aktivitasku Ahad ini adalah mengikuti kajian pekanan di rumah Mbak Aufah tetangga sebelah rumah. 

"Kenapa Suamimu tidak diajak mengikuti kajian pemanan di rumah Mas Ikbal San?" 

"Sebelum menikah, Aku sudah berusaha mengajaknya Mbak. Tapi Qadarrullah belum berhasil."

"Bukankah akan sangat bahagia bila kita satu pemahaman dengan pasangan hidup kita."

"Harapannya seperti itu, tapi tidak selamanya berbeda itu tak bisa sejalan dan sepahamkan Mbak? Toh pada akhirnya kita butuh perbedaan. Aku bersyukur, Mas Adit tidak pernah melarangku sampai detik ini untuk mengikuti kajian dimanapun selagi baik. Dia selalu mendukung dan menerima kegiatan dakwahku di luar rumah." Aku menjelaskan pada Mbak Aufah dengan senyuman yang merekah, dan dalam hati mengerutu. "Kenapa Mbak Aufah mempertanyakan hal itu padaku? Entahlah".

Setelah azan ashar, kami pun menutup kajian pekanan ini dengan melafazkan kalimat istighfar sebanyak 3 kali, dan menutupnya dengan membaca do'a penutup majelis. 

Dalam perjalanan pulang, pikiranku masih tertaut pada pertanyaan Mbak Aufah. Tapi semua orang itu punya argumentasi yang berbeda perihal kehidupan kita. Ah sudahlah pikirku! 

"Arrijalu qawwamuna alan nisa." Lelaki adalah pemimpin bagi perempuan. Mas Adit adalah Imamku, dan Aku adalah makmumnya. Selagi dia tidak menyeruku pada hal yang dilarang-Nya, dan lebih banyak menyeruku untuk taat pada perintah-Nya. Kenapa Aku harus berpatokan pada problem yang sebenarnya bukan jadi problem dalam rumah tanggaku? Allah sebaik-baiknya Penolong kita. 

Palembang, 24092022
✒️@dianazzahrast

Comments

Popular Posts